Ragam Museum Bertema Makanan di Dunia, Dari Keju Hingga Kentang

Museum tak selalu berisi benda-benda bersejarah atau koleksi benda seni. Ada berbagai macam museum di dunia yang berisi hal unik, salah satunya soal makanan.

Berikut ini beberapa museum makanan yang bisa dikunjungi:

MUMAC Coffee Machine Museum, Binasco, Italia

Untuk pecinta kopi, MUMAC adalah museum yang pas untuk didatangi. Dengan menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer dari Milan, maka pengunjung bisa sampai dan melihat ratusan koleksi mesin kopi yang unik.

MUMAC dibagi menjadi enam ruangan yang juga ikut menampilkan biji kopi terbaik. Museum ini hanya dibuka dari Selasa hingga Jumat pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat.

China Watermelon Museum, Beijing, Cina

Ini untuk Anda yang menyukai buah semangka. Di Beijing terdapat museum khusus semangka yang akan menjelaskan sejarah dari buah musiman.

Di sini, pengunjung bisa melihat beragam varian semangka dari seluruh dunia. Tak cuma itu, museum semangka ini juga mempunyai ruangan tempat terbuka untuk melihat semangka asli yang sedang ditanam. Pengunjung bisa datang ke sini dari Senin hingga Jumat, pukul 9.30 hingga 4.30 pagi waktu setempat.

Amsterdam Cheese Museum, Amsterdam, Belanda

Seperti yang sudah tertera pada nama museumnya, di sini pengunjung disuguhkan dengan berbagai macam pameran jenis keju. Pengunjung akan dibawa oleh pengurus setempat untuk berkeliling menyaksikan sejarah-sejarah keju sembari mencicipi keju yang telah disediakan seperti keju bunker Twentse, keju truffle atau keju dengan kunyit.

Di bagian bawah tanah, ada pabrik yang sedang memproduksi keju Gouda yang juga bisa disaksikan oleh pengunjung. Museum keju ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Chocolate Museum, Barcelona, Spanyol

Siapa yang tidak menyukai coklat? dengan mendatangi museum coklat di Barcelona ini, pengunjung bisa ditawarkan untuk mengetahui sejarah dari berbagai coklat dan modernisasinya. Snowy, kera coklat putih besar siap menyambut pengunjung di pintu masuk.

Pengunjung yang datang akan mendapatkan coklat sebagai bagian dari tiket mereka. Selain itu, museum ini menampilkan ikon terkenal seperti Minnie Mouse dan Louis Armstrong yang bisa dilihat setiap museum beroperasi di setiap harinya dari pukul 10.00 hingga 19.00 waktu setempat.

Canadian Potato Museum, O’Leary, Prince Edward Island

Ternyata kentang tak hanya ada di pasar atau di minimarket saja. Di Kanada, terdapat museum kentang yang menyimpan berbagai koleksi peralatan pertanian, mesin dan pameran kentang terbesar di dunia.

Pengunjung juga akan diberikan informasi terkait sejarah kentang mulai dari asalnya hingga menjadi tanaman komersial terbesar keempat di dunia. Bagian favorit pengunjung ada pada pintu masuk, disana ada berdiri kentang raksasa setinggi lebih dari 4 meter dengan diameter lebih dari 2,1 meter. Museum ini buka dari Senin hingga Jumat dari pukul 09.30 hingga 17.30.

LAURENSIA FAYOLA l TIMES OF INDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.