Positif Covid-19 kala Bepergian, Ini yang Perlu Dilakukan

Banyak negara yang telah membuka perbatasan sejak ada vaksin Covid-19. Orang yang ingin bepergian pun mulai berwisata. Tapi, masih banyak yang menutup perbatasan karena tingginya kasus Covid-19.

Ketika pandemi Covid-19 belum reda, risiko terinfeksi saat bepergian masih sangat tinggi. Jadi, bagaimana jika Anda positif Covid-19 di tempat yang jauh?

Hal pertama yang harus diingat adalah sangat penting untuk bertanggung jawab dan melakukan segala kemungkinan untuk menghindari penyebaran. Anda harus bertindak cepat menyelamatkan orang lain dari penularan. Berikut tips yang dapat membantu kembali ke rencana perjalanan yang lebih cepat, dilansir dari Healthline.

Bikin perhitungan Jika hasil tes positif, Anda mungkin dapat mengetahui kapan tertular berdasarkan waktu tes sebelumnya dan aktivitas terakhir. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang tanpa gejala dapat menghentikan isolasi 10 hari setelah dites positif. Tetap saja, dimungkinkan untuk dites positif di luar periode itu, bahkan jika Anda tidak lagi dapat menularkan virus. Jika itu masalahnya, Anda mungkin perlu bersiap untuk tinggal di tempat sekarang untuk waktu yang lebih lama, tergantung pada batasan negara setempat.

Jadwal ulang penerbangan pulang Anda dapat menjadwalkan ulang penerbangan pulang berdasarkan perkiraan kapan tertular virus dan kemungkinan dites negatif. Biasanya akan lebih baik jika melakukan ini melalui telepon sehingga agen dapat membantu dengan perbedaan tarif dan biaya perubahan.

Pesan akomodasi yang sesuai Temukan tempat tinggal selama masa isolasi. Anda memerlukan akomodasi yang tidak perlu pergi untuk makan, minum, menggunakan kamar kecil, atau apa pun. Carilah tempat yang memiliki dapur kecil, staf 24 jam, restoran, toko serba ada di tempat atau di dekatnya. Pilih kamar dengan dapur kecil sehingga bisa memanaskan makanan dan memasak. Pastikan untuk memberi tahu staf kamar Anda tidak perlu diservis dan gunakan tanda “jangan ganggu” jika tersedia sehingga staf tidak masuk.

Pesan tes COVID-19 berikutnya Setelah memesan penerbangan dan tempat menginap, Anda perlu menjadwalkan tes COVID-19 lain. Pastikan tes ini 10 hari atau lebih setelah tes positif pertama. Selain itu, lakukan tes lagi 72 jam sebelum pulang ke negara asal. Jika memungkinkan, gunakan layanan home service pemeriksaan. Dengan cara ini, Anda tidak akan menularkan virus ke orang lain. Kemungkinan akan ada biaya tambahan.

Buat catatan, dan sering-seringlah memeriksanya. Akan ada banyak hal yang harus diperhatikan selama periode ini. Perhatikan tanggal dan waktu tes, berapa lama hasil tes valid di negara asal, waktu check-out untuk akomodasi, waktu check-in untuk penerbangan, detail lain yang diperlukan, seperti jadwal kereta atau bus, rencana makan. Jika anggaran terbatas, cobalah untuk merencanakan makanan yang menggunakan bahan-bahan yang sama. Misalnya, jika menyukai telur untuk sarapan, beli selusin.

Pesan bahan makanan dan perlengkapan yang diperlukan Setelah membuat daftar belanjaan, lakukan pemesanan untuk pengiriman atau tanyakan kepada staf akomodasi apakah mereka dapat membantu mendapatkan apa yang dibutuhkan. Jangan lupa sertakan vitamin dan suplemen, seperti vitamin C, obat-obatan yang diperlukan, termometer.

Anda mungkin merasa sehat tetapi tidak ada yang tahu bagaimana hasil tes positif itu akan mempengaruhi kesehatan mental. Cek suhu tubuh dan konsumsi suplemen setiap hari dapat sangat membantu. Jika mengalami gejala, pastikan untuk tetap terhidrasi.

Beritahu seseorang Jika dinyatakan positif COVID-19, kemungkinan Anda stres, merasa sakit, jauh dari rumah, dan memiliki detail logistik untuk dikerjakan. Anda mungkin tidak ingin mengumumkan di media sosial telah dites positif atau terpapar COVID-19. Tetapi Anda pasti harus memberi tahu orang yang dicintai dan tepercaya tentang apa yang terjadi.

Minta bantuan Mungkin saat yang tepat untuk menjadwalkan beberapa sesi telemedisin tambahan dengan terapis. Lakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri. Terjebak di kamar yang bukan di rumah dalam keadaan stres mungkin bukan liburan yang diharapkan.

Buat perencanaan Tes positif COVID-19 adalah kejutan yang tidak diinginkan dalam keadaan apapun. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk menganggarkan biaya untuk kejadian tak terduga. Bersiaplah untuk membayar beberapa malam tambahan dan tes COVID-19 tambahan. Jika hasil tes positif, buatlah rencana yang diperlukan untuk memastikan hari-hari berikutnya berjalan semulus mungkin. Tetap tenang, buat daftar tugas selangkah demi selangkah.

#CuciTangan #JagaJarak #PakaiMasker #DiamdiRumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.