Mengenal Lebih Jauh Metaverse Crypto

Salah satu industri yang saat ini dinilai mempunyai potensi sangat besar di dalam dunia mata uang digital, yaitu metaverse kripto. Metaverse itu sendiri merupakan sebuah dunia virtual yang mana memungkinkan bagi para pengguna untuk melakukan banyak aktivitas yang mereka kehendaki. 

Salah satu dari proyek yang memiliki tujuan dalam mengembangkan metaverse tersebut yaitu decentraland. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diulas mengenai apa itu metaverse.

Apa itu Metaverse Crypto?

 

Metaverse crypto saat ini memang makin sering sekali dibahas. Sekalipun berada di tahapan awal, jelas bahwasannya metaverse tersebut secara radikal mengubah cara seseorang dalam berinteraksi secara online, seberapa cepat koin mata uang digital diadopsi, bagaimana sebuah brand atau merek melakukan pengiklanan, serta sejumlah aspek kehidupan lain dari ekonomi, musik serta industri lainnya.

Metaverse crypto merupakan ruang virtual yang mana di sini diciptakan dalam bentuk versi digital dari berbagai macam aspek yang terdapat di dalam dunia nyata, baik itu interaksi di antara manusia yang satu dengan manusia lainnya ataupun fungsi ekonomi. 

Secara lebih jelasnya lagi, metaverse tersebut lebih mengacu pada dunia virtual yang mana bentuknya menyerupai kehidupan di dunia nyata. Di dalam metaverse Anda akan menemukan sebuah bangunan, tanah dan Avatar yang nantinya bisa diperjualbelikan. Proses transaksi jual beli tersebut seringkali memakai mata uang digital atau crypto. 

Di dalam dunia metaverse Itulah orang-orang bisa melakukan aktifitas bersosial, mengunjungi tempat tertentu, berteman membeli jasa atau barang seperti layaknya ketika mereka berada di dalam kehidupan nyata. 

Secara etimologis metaverse itu berasal dari kata meta yang memiliki arti melampaui dan verse yang artinya alam semesta. Sehingga secara keseluruhan metaverse bisa dimaknai sebagai sebuah ruang yang di dalamnya berisi materi yang melampaui segala hal yang ada di dunia nyata.

Konsep mengenai metaverse tersebut pertama kali diusulkan pada tahun 1992 dalam sebuah novel yang mengisahkan perjalanan metafase sepasang kurir dalam menyelamatkan diri mereka dari distopia kapitalis.

Sementara itu, salah seorang penulis essay memprediksi bahwasannya metaverse nantinya bisa menjadi pintu gerbang yang membawa para manusia untuk bisa merasakan berbagai macam pengalaman secara digital, serta menjadi platform yang bisa menyerap tenaga kerja. Lebih jauh lagi dirinya yakin bahwasannya metaverse merupakan sebuah kekuatan pendorong dalam mencetak generasi baru untuk sebuah perusahaan dan industri besar nantinya.

Konsep metaverse tersebut memang cenderung mirip dengan penggambaran dalam beberapa cerita fiksi ilmiah. Karakteristik yang dimiliki oleh metaverse disebut antara lain sebagai berikut, yaitu:

Real-time

Sekalipun peristiwa terjadi di dalam ruang metaverse yang telah didisain sebelumnya, tapi para pengguna dapat merasakan pengalaman tersebut secara real-time.

Persisten

Metaverse nantinya akan terus berjalan tanpa mengalami jeda, reset dan juga tidak akan pernah berakhir sampai kapan pun.

Fungsi Ekonomi

Seperti layaknya berada di dunia nyata, ekonomi yang terjadi di ruang metaverse berfungsi dengan penuh. Di dalamnya terjadi banyak aktivitas jual beli, transaksi layanan dan produk yang dilakukan menggunakan uang asli dengan basis blockchain.

Ruang Terbuka untuk Pengguna

Salah satu hal yang sangat menarik di dalam metaverse yaitu peran pengguna sebagai kontributor konten yang paling besar. Hal ini tentunya cukup berbeda dari konsep digital universe, dimana konten serta pengalaman yang tersedia dibuat bersama oleh para pengguna dan perusahaan.

Sebagai Jembatan Dunia Nyata

Virtual reality metaverse hanya akan menghadirkan sesuatu dengan cara virtual, tapi untuk augmented reality metaverse bekerja dengan cara sebaliknya. Teknologi tersebut menghubungkan antara dunia virtual dengan dunia nyata melalui proses digitalisasi atau koordinat grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.