Inilah Berbagai Framework Andalan yang Dimiliki Golang

Mengembangkan aplikasi website memang memerlukan waktu yang lama. Sebab, Anda harus melakukan coding back end serta front end aplikasi. Namun kini Anda tidak perlu repot-repot lagi berkat adanya Golang. Dengan memanfaatkan framework pada Golang, Anda tidak perlu menulis kode dari nol. Anda hanya perlu menyusun kode yang sudah tersedia sesuai keinginan. Maka, proses pembuatan aplikasi akan menjadi lebih cepat.

Framework Andalan yang Dimiliki Golang

Gin

Gin merupakan framework Golang minimalis serta banyak digunakan untuk pengembangan single page application. Framework ini terkenal di kalangan pemula dan memberikan kecepatan tinggi dengan menggunakan memori yang kecil. Keunggulannya adalah mempunyai desain minimalis untuk kinerja cepat, fleksibilitas tinggi dengan kemungkinan menambahkan fungsi melalui middleware atau plugin.

Revel

Revel ini sangat lengkap dan cocok untuk proyek kecil dan besar. Keunggulannya adalah mempunyai fitur unggulan seperti reusable MVC components dan migration friendly untuk memudahkan migrasi aplikasi maka tidak perlu ada integrasi plugin.

Beego

Beego adalah framework Golang yang digunakan pada pengembangan aplikasi website, back end website, dan REST API yang sulit. Framework ini tidak dianjurkan untuk pemula. Namun, framework ini cocok untuk proyek besar yang membutuhkan kecepatan tinggi. Kelebihannya adalah mempunyai kecepatan tinggi karena ada fitur Bee Tool dan dukungan fleksibilitas framework.

Echo

Framework ini fokus pada performa tinggi untuk aplikasi. Dilengkapi dengan optimized router serta fitur data binding, framework ini bisa memudahkan untuk memprioritaskan akses HTTP ke aplikasi tertentu sesuai setting juga menggabungkan berbagai jenis data di API. Hal ini menjadi keunggulan dari Echo.

Martini

Martini adalah framework yang mempunyai desain ramping yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi besar. Framework ini bersifat fleksibel dalam opsi upgrade dan mudah menambahkan plugin. Keunggulannya adalah mempunyai kecepatan dengan desain ramping, maka bisa menambahkan plugin dengan mudah, dan berbagai metode routing.

Gocraft

Gocraft juga merupakan framework untuk pengembangan back end website dengan performa tinggi. Framework ini lebih cepat dan mudah dimengerti oleh pemula. Keunggulan framework ini adalah kemampuannya yang sangat cepat (40 kali lebih cepat dari Martini) dan mudah dipahami oleh pemula.

Gorilla

Gorilla adalah framework dari Golang yang populer untuk pengembangan aplikasi website sederhana sampai yang sulit. Framework ini dikenal karena kemampuannya dalam upgrade dan kecepatannya, terutama dengan dukungan websocket. Websocket ini bisa memudahkan komunikasi server ke klien dengan lebih cepat daripada HTTP. Maka, keunggulannya adalah mempunyai kecepatan tinggi dengan dukungan websocket dan metode routing.

Goji

Goji merupakan framework Golang untuk pengembangan API sederhana dan ringan. Framework ini memberikan fungsi generik dengan kecepatan tinggi dan didukung oleh Einhorn untuk websocket otomatis. Websocket yang otomatis ini bisa membuat framework Goji menerima banyak request data tanpa mengurangi kecepatan yang tersedia.

Secara keseluruhan, keunggulan framework ini adalah sifatnya yang  ringan dan cepat dengan dukungan websocket, performa tinggi.

Buffalo

Framework satu ini mendukung keperluan back end dan front end. Selain itu, juga mempunyai kecepatan tinggi dengan fitur object relational mapping dan websocket untuk menerima banyak traffic dengan kecepatan yang maksimal. Dengan ini, keunggulannya adalah mempunyai tools pengembangan back end dan front end yang lengkap.

Setelah mengetahui Framework andalan Golang, dan Anda mulai tertarik untuk belajar Golang. Maka bisa belajar di Hacktiv8. Hacktiv8 sendiri adalah institusi yang mengadakan coding bootcamp pertama di Indonesia, ini sangat cocok untuk pemula yang ingin menjadi talenta digital terlatih, seperti Programmer, Data Scientist, Digital Marketer, Golang Developer, Front End Developer, serta UI/UX Designer.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *