Hotel di Madagaskar Sajikan Masakan Nusantara, Nasi Goreng Hingga Rawon

Masakan nusantara sudah makin luas dikenal masyarakat dunia. Kini, masakan nusantara hadir di Madagaskar, sebuah negara kepulauan di Afrika Selatan.

Figur yang menghadirkan kuliner Indonesia itu adalah Ervinna Sanusi, seorang diaspora di Madagaskar. Masakan nusantara itu bisa ditemukan di Hotel Mercure Antananarivo yang juga memiliki ornamen khas Tanah Air.

“Salah satu misi dari pembangunan restoran Indonesia dan Hotel Mercure ini adalah untuk mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia di tanah Madagaskar,” kata Ervinna.

Desain interior dari hotel ini sengaja dibuat mengikuti budaya Indonesia dengan memajang beberapa boneka dengan baju tradisional khas Indonesia, lukisan alam Indonesia, miniatur Candi Borobudur dan Candi Prambanan dan gebyok (pintu ukiran jepara). Terdapat pula meja yang terbuat dari kayu jati asli Indonesia.

Selain itu, guna mengobati kerinduan, pemilik restoran menyajikan berbagai kuliner legendaris khas Indonesia seperti nasi kuning, nasi goreng, sate ayam, soto ayam, dan rawon.

Restoran di hotel itu diresmikan pada Ahad, 8 Agustus 2021yang dihadiri oleh Kuasa Usaha Tetap Republik Indonesia (KUTAP RI) di Madagaskar, Menteri Pertahanan Republik Madagaskar Richard Rakotonirina, Wakil Kepala Perwakilan/DCM Kedubes Amerika Serikat di Madagaskar, Tobias Glucksman serta diaspora dan Keluarga Besar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Antananarivo.

Kuasa Usaha Tetap RI di Madagaskar Benny Yan Pieter Siahaan mengatakan KBRI Antananarivo mengapresiasi tujuan dari pembangunan hotel dan restoran ini yang ingin mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia. “Semoga kuliner Indonesia mendapat tempat di hati masyarakat Madagaskar, sebagai saudara jauh Indonesia,” ujarnya dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri.

Sejumlah pejabat yang hadir bahkan sudah berminat menjadikan restoran Indonesia ini sebagai alternatif untuk mengundang rekan-rekan di kantornya berkunjung mencicipi masakan nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.