Cerita Mona Ratuliu Menyusui Dua Anak, Pertama Kali Diantre Bayi-bayi

Perayaan World Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui Sedunia 1-7 Agustus memang sudah lewat. Tapi Mona Ratuliu masih punya cerita unik yang dia bagikan ke pengikutnya di Instagram tentang pengalaman menyusui dua bayi.

Dalam unggahan itu, Mona membagian fotonya saat menyusui anak keempatnya, Numa Kamala Srikandi, di depan seorang bayi yang belum genap berusia satu bulan, Balint. Balint adalah anak dari kakaknya, Donny Bule, yang istrinya meninggal dua hari setelah melahirkan. Donny juga merupakan ayah aktris Kesha Ratuliu yang baru menikah lagi tahun lalu.

Mona memutuskan merawat Balint sekaligus menjadi ibu susunya. Kebetulan, dia masih memiliki banyak air susu ibu atau ASI karena masih menyusui Numa.

Ini adalah pengalaman pertama bagi Mona menyusui dua anak sekaligus. Di keterangan foto yang diunggah, dia menulis bahwa Numa dan Balint harus mengantre untuk menyusu.

“Baru kali ini diantri sama bayi2,” tulis dia dengan emoji tertawa. “Pas tau mamih balint udah nggak ada, hal pertama yg terlintas dipikiran adalah: terus balint disusuin siapa? Mungkin karena udah terbiasa nyusuin anak2 sampai 2 tahun jadi yg kepikiran langsung itu,” tulisnya memulai keterangan foto Instagram, Senin, 9 Agustus 2021.

Namun, dia menyadari bahwa Balint membutuhkan donor ASI dari ibu yang memiliki anak seusianya. Sebab, ASI mengandung nutrisi yang berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan bayi di usia yang berbeda-beda.

“Jadi mungkin akan segera mencari donor ASI untuk balint. Tapi aku percaya banget kalau nyusuin langsung itu stimulasi paling hebat buat bayi seusia Balint. Kulit ketemu kulit, mata ketemu mata, hati ketemu hati, mana ada yg bisa menggantikan momen spt ini,” tulis Mona menjelaskan bahwa pentingnya ASI bukan hanya sebagai makanan untuk bayi, melainkan sebagai upaya pendekatan antara ibu dengan bayinya.

Mona Ratuliu menutup keterangan foto itu dengan dukungannya terhadap Pekan Menyusui Dunia. “Menyusui memang nggak mudah, tapi pada akhirnya menyusui adalah momen terindah dalam hubungan ibu dan anak. Walaupun udah lewat, postingan ini dipersembahkan untuk #internationalbreastfeedingweek,” tulisnya.

SITI HAJAR SUWARDI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.