Cara Mengobati Sariawan Menggunakan Bahan Alami

Mengobati sariawan dapat dilakukan dengan beberapa metode yang aman dan cepat. Semua orang pasti pernah mengalami sariawan, yang mana ketika ada masalah pada gusi dan mulut. Ada beberapa proses penyembuhan sariawan yang mudah anda lakukan, yakni dengan menggunakan bahan alami seperti bahan bumbu dapur, rempah-rempah dan bahan herbal.

Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa cara mengobati sariawan menggunakan bahan alami.

Bagaimana cara mengobati sariawan dengan bahan alami?

 

  1. Chamomile

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang pertama adalah chamomile. Bahan alami ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit, termasuk untuk mengobati sariawan.

Cara ini cukup efektif dan mudah, hanya dengan menggunakan teh celup chamomile sebagai kompres di bagian sariawan. Selain itu, Anda juga bisa juga menggunakan seduhan bahan alami ini untuk berkumur.

  1. Gunakan Yogurt

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Yogurt. Kandungan probiotik alami yang terdapat pada yogurt dipercaya dapat mengobati sariawan, yang mana kandungan ini bisa membantu mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat peradangan sariawan.

Mengonsumsi yogurt dengan rutin dapat membantu mempercepat kesembuhan sariawan. Tak hanya itu, yogurt juga memiliki kandungan bakteri Lactobacillus, dimana bakteri ini burfungsi untuk menyebar ke dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi yogurt pemulihan sariawan lebih mudah dan aman.

  1. Menggunakan Madu

Bahan alami yang satu ini sudah tak asing lagi bagi kita, dimana madu yang di kenal memiliki banyak manfaat termasuk salah satunya dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Sifat antiradang dan antibakteri yang terdapat pada madu cukup efektif digunakan sebagai cara menghilangkan sariawan dengan cepat.

Selain itu madu ini mampu mengurangi rasa perih sekaligus juga untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Anda dapat mengoleskan madu pada sariawan minimal 3 kali sehari, dan lakukan cara ini secara rutin sampai sariawan sembuh.

  1. Mengonsumsi Makanan yang tinggi akan vitamin C

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C bukan hanya baik untuk tubuh, namun vitamin C ini juga dapat membantu mempercepat proses luka, termasuk juga untuk mengobati sariawan. Anda bisa mengonsumsi makanan vitamin C seperti jeruk, kiwi, jambu biji, mangga, pepaya, dan paprika, saat sariawan anda kambuh.

  1. Susu

Susu merupakan minuman yang berprotein tinggi, sebab terdapat kandungan kalsium di dalamnya. Tak hanya itu saja, kandungan magnesium pada susu juga bisa menyembuhkan rasa sakit akibat sariawan. Susu ini bisa digunakan sebagai bahan untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

Kandungan kalsium yang terdapat pada susu juga dapat melawan bakteri untuk menyembuhkan luka. Sebab kandungan lemak yang juga ada pada susu merupakan antivirus yang dapat berfungsi mempercepat proses penyembuhan.

  1. Menggunakan Buah Pisang

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang terakhir adalah dengan menggunakan buah pisang. Kandungan vitamin C pada pisang bisa membantu anda mempercepat penyembuhan sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan pisang ini cukup mudah yakni anda hanya perlu menghaluskan pisang seperti pasta, kemudian tambahkan madu dan aduk secara merata. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada sariawan dan tunggu sekitar 10 menit, setelah selesai kemudian kumur hingga bersih. Lakukanlah perawatan ini secara rutin sampai sariawan hilang.

Sekian sedikit informasi yang dapat kami ulas dalam artikel kali ini mengenai cara mengobati sariawan dengan bahan alami, semoga artikel ini dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.