4 Tips Membuat Video Animasi

Video Animasi merupakan video yang dihasilkan dari gambar bergerak, yang mana gambar tersebut berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus. Sehingga dengan langkah yang tepat dapat bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Membuat video animasi tidaklah semudah membuat video pada umumnya.

Oleh sebab itu membuat video hanya bisa dilakukan oleh seoarang yang sudah ahli dibidangnya. Meski demikian membuat video ini menjadi tantangan tersendiri karena cukup rumit. Meski demikian bukan berarti anda tidak bisa belajar cara membuatnya. Sebab dibawah ini akan diulas mengenai tips membuat video animasi.

Apa Saja Tips Membuat Video Animasi?

Susun Naskah Terlebih Dahulu

Tips pertama yang bisa anda lakukan dalam membuat video animasi adalah menyusun naskah terlebih dahulu. Sebenarnya menyusun naskah ini juga berlaku untuk semua pembuatan video. Naskah merupakan alur atau cerita yang akan dibuat dalam pembuatan video, dengan adanya naskah dapat memudahkan anda untuk membuat scrip.

Jangan lupa untuk menentukan tujuan utama dari video, baik untuk pesan yang akan di sampaikan dan kepada siapa video tersebut dibuat. Agar tidak membuat penonton sulit memahami video ini, usahakan video yang dibuat tidak terlalu kompleks.

Tentukan Jenis Video Animasinya

Selain menyusun naskah tips lainnya yaitu menentukan jenis video yang akan dibuati. Perlu anda ketahui bahwa video animasi bervariasi ada yang berbentuk 2D dan 3D. Untuk video animasi 2D menampilkan karakter dua dimensi dan pembuatannya lebih mudah, meski demikian video tersebut tetap menarik.

Sementara video animasi 3D untuk menampilkan karakter tiga dimensi namun proses pembuatannya lebih sulit. Namun hasil videonya terlihat lebih bervolume dan nyata sehingga bisa menarik perhatian penonton. Bahkan, ada juga animasi whiteboard yang sering dimanfaatkan untuk media pembelajaran karena sangat khas.

Buat Story board

Setelah membuat naskah dan menentukan jenis video animasi maka anda bisa membuat story board. Story board merupakan sebuah gambar kasar atau mentahan dari isi video secara keseluruhan. Tentunya story board ini akan sangat membantu anda dalam membuat vdeo animasi, terlebih anda masih pemula dan baru membuat video.

Anda bisa membuatnya seperti komik agar tidak terlalu sulit namun harus lebih sederhana, sebab masih terdapat panel di dalamnya. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk memperkirakan seperti apa video animai yang akan dibuat.

Membuat Video

Langkah terakhir yang cukup sulit dalam pembuatan video animasi yaitu membuat video dengan mengandalkan diri anda sendiri. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab anda hanya bermodalkan perangkat komputer, software, website tertentu dan sambungan internet. Akan tetapi jika anda masih merasa kurang percaya diri, maka anda bisa merekrut seorang yang sudah ahli.

Rekrutlah tenaga kerja yang independen agar proses pembuatan video menjadi lebih singkat. Hal ini bertujuan agar video yang dihasilkan lebih relevan dan sempurna. Dengan begitu anda bisa menghemat biaya karena hanya menggunakan jasanya pada saat dibutuhkan saja bukan full time.

Itulah pembahasan yang dapat diulas dalam artikel ini mengenai tips membuat video animasi. Bagi anda yang masih pemula dan belum memahami mengenai cara pembuatan video ini, maka anda bisa mengunjungi website Video.id. Website tersebut menyediakan artikel menarik seputar, video marketing, video animasi, video explainer dan pembuatan naskah. Dengan begitu anda bisa menambah wawasan baru tentang dunia animasi.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *